19 Februari 2018

Begini Cara Kerja Bor Raksasa untuk Proyek MRT

Berita
Tunnel Boring Machine (TBM) atau Mesin Bor untuk proyek MRT

TEMPO.CO, Jakarta - Direktur Konstruksi PT MRT Jakarta M. Nasir menuturkan proyek pembangunan jalur bawah tanah transportasi massal itu akan dimulai pada 17 Agustus 2015. Ini karena menunggu tunnel boring machine (TBM) atau bor mesin raksasa yang tiba dari Jepang pada 17 Mei lalu selesai dirakit di gudang perusahaannya di Cakung, Jakarta Timur.


Sambil menunggu bor itu selesai, kata Nasir, perusahaannya juga menunggu satu bor raksasa tiba di Indonesia. Menurut Nasir, bor pertama akan mulai bekerja di Patung Pemuda Membangun di Senayan, Jakarta Selatan. "Bulan berikutnya, bor akan bekerja dari Bundaran Hotel Indonesia," katanya.


Nasir menjelaskan dua mesin yang memiliki panjang sekitar 3 meter dengan diameter lingkaran 6,7 meter itu bekerja selama 24 jam dalam sehari dan akan bertemu di Setiabudi pada 2016. Sedangkan, untuk tahap kedua, pengeboran akan dimulai pertengahan atau akhir 2016. "Dua mesin bor itu akan datang lagi tahun depan," ujar Nasir. "Total ada empat mesin yang mengebor."


Salah satu kontraktor pengebor dari SOWJ (Shimizu-Obayashi-Wika-Jaya Konstruksi), Kazuya Osako, mengatakan, sebelum mesin bor raksasa didatangkan, perusahaan sudah meriset kadar dan jenis tanah di Jakarta untuk disesuaikan dengan mata pisau.


"Tanah di Jakarta lebih halus dibandingkan di Singapura yang berbatu," tuturnya. Kesulitan mengebor di Jakarta, ucap dia, hanya tenaga kerja yang kurang memadai dalam menggarap proyek MRT.


Adapun Proyek Manager Jalur Layang PT MRT Heru Nugroho mengatakan, jika transportasi massal ini sudah selesai, jarak dari Lebak Bulus ke Bundaran HI hanya lima menit. "Dan bisa mengangkut 334.100 penumpang setiap hari," ucapnya.


Sumber

Jelajahi artikel menarik lainnya

PT INKA Raih Penghargaan Collaborative Marketing Strategy of The Year di ajang Marketeers Editor’s Choice Award (MECA) 2025
PT INKA Raih Penghargaan Collaborative Marketing Strategy of The Year di ajang Marketeers Editor’s Choice Award (MECA) 2025

Press Release No. 25/PR/INKA/X/2025PT Industri Kereta Api (Persero) atau INKA kembali menorehkan prestasi membanggakan di kancah nasional. Pada ajang yang diselenggarakan oleh Marketeers Editor’s Ch

6 Oktober 2025
Kunjungan Kerja Reses Komisi XI DPR RI ke PT INKA (Persero) - Menilai Efektivitas Pemanfaatan Penyertaan Modal Negara (PMN) bagi BUMN Strategis
Kunjungan Kerja Reses Komisi XI DPR RI ke PT INKA (Persero) - Menilai Efektivitas Pemanfaatan Penyertaan Modal Negara (PMN) bagi BUMN Strategis

Press Release No. 24/PR/INKA/X/2025Madiun, 3 Oktober 2025 — PT Industri Kereta Api (Persero) atau INKA menerima kunjungan kerja reses dari Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR R

3 Oktober 2025
PT INKA (Persero) & UGL Pty Ltd Jadi Nominee Rail Freight Excellence Award 2025 untuk Proyek KiwiRail Wagon Replacement Program
PT INKA (Persero) & UGL Pty Ltd Jadi Nominee Rail Freight Excellence Award 2025 untuk Proyek KiwiRail Wagon Replacement Program

Press Release No. 23/PR/INKA/IX/2025PT INKA (Persero) bersama mitra globalnya, UGL Pty Ltd, resmi masuk sebagai nominee Rail Freight Excellence Award 2025 pada ajang Rail Industry Awards yang digelar

1 Oktober 2025
Wakil Ketua MPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono Kunjungi PT INKA (Persero): Dorong Kemajuan Industri Manufaktur Perkeretaapian Nasional
Wakil Ketua MPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono Kunjungi PT INKA (Persero): Dorong Kemajuan Industri Manufaktur Perkeretaapian Nasional

Press Release No. 22/PR/INKA/IX/2025Madiun — Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI), Edhie Baskoro Yudhoyono, melakukan kunjungan kerja ke kantor PT Industri Kereta A

26 September 2025
rating
scroll