Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan tetap melanjutkan program pembangunan kereta api di Kalimantan. Meskipun banyak yang menganggap bahwa lebih baik dibangun infrastruktur penunjang seperti pembangkit dan pelabuhan.
Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Hermanto mengatakan, pembangunan infrastruktur kereta api di Kalimantan juga memiliki keharusan yang sama dibandingkan dengan pelabuhan dan pembangkit listrik.
"Kalau pelabuhan di tepi laut, kalau tidak ada aksesnya nanti jalurnya rusak, kalau listrik, ini kan untuk 50-100 tahun, kalau terlambat nanti mahal," kata Hermanto di kantornya, Jakarta, Selasa (31/3/2015).
Hermanto mengungkapkan, dibutuhkan dana sekira Rp70 triliun sampai Rp80 triliun untuk membangun infrastruktur kereta api secara keseluruhan di Kalimantan.
"Sekarang tahun ini sudah melakukan studi, kelayakan dan trace, tahun depan amdal dan pembebasan lahan," tambahnya.
Menurut Hermanto, pembangunan infrastruktur kereta api di Kalimantan dapat cepat direalisasikan jikalau Pemerintah Daerah (Pemda) ikut serta mempercepat pembebasan lahan.
"Jadi kita minta pemda membantu membebaskan lahan, jadi di sini bebas kita tinggal bayar," tutupnya.
(Sumber: economy.okezone.com)
Menyambut tahun baru 2025, PT INKA (Persero) gelar apel akbar bersama seluruh perusahaan INKA Grup pada Kamis, 2 Januari 2025 dipimpin oleh Direktur Utama PT INKA (Persero) Eko Purwanto.Dengan mengusu
Madiun (17/12) - TJSL INKA SMK Series akhirnya tiba di sesi puncaknya. Pada hari Selasa, 17 Desember 2024 telah dilakukan kegiatan Puncak TJSL INKA SMK Series di SMKN 1 Kebonsari Kabupaten Madiun. Keg
Press Release No.23/PR/INKA/XII/2024Madiun - Duta Besar Bangladesh untuk Indonesia, Md. Tarikul Islam melaksanakan kunjungan kerja ke PT INKA (Persero) Madiun, Jum’at (6/12/2024). Kedatangannya bers
Press Release No.22/PR/INKA/XI/2024Madiun, 21 November 2024 - Puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-60 Provinsi Jawa Timur tahun 2024 di Hotel Aston Sidoarjo, dihadiri oleh Penjabat (Pj)