Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan tetap melanjutkan program pembangunan kereta api di Kalimantan. Meskipun banyak yang menganggap bahwa lebih baik dibangun infrastruktur penunjang seperti pembangkit dan pelabuhan.
Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Hermanto mengatakan, pembangunan infrastruktur kereta api di Kalimantan juga memiliki keharusan yang sama dibandingkan dengan pelabuhan dan pembangkit listrik.
"Kalau pelabuhan di tepi laut, kalau tidak ada aksesnya nanti jalurnya rusak, kalau listrik, ini kan untuk 50-100 tahun, kalau terlambat nanti mahal," kata Hermanto di kantornya, Jakarta, Selasa (31/3/2015).
Hermanto mengungkapkan, dibutuhkan dana sekira Rp70 triliun sampai Rp80 triliun untuk membangun infrastruktur kereta api secara keseluruhan di Kalimantan.
"Sekarang tahun ini sudah melakukan studi, kelayakan dan trace, tahun depan amdal dan pembebasan lahan," tambahnya.
Menurut Hermanto, pembangunan infrastruktur kereta api di Kalimantan dapat cepat direalisasikan jikalau Pemerintah Daerah (Pemda) ikut serta mempercepat pembebasan lahan.
"Jadi kita minta pemda membantu membebaskan lahan, jadi di sini bebas kita tinggal bayar," tutupnya.
(Sumber: economy.okezone.com)
Surabaya - PT INKA (Persero) turut berpartisipasi dalam gelaran Indonesia City Expo (ICE) ke-21 yang berlangsung di Grand City Convention Hall, Surabaya, Jawa Timur pada tanggal 8 - 10 Mei 2025 . Keik
Madiun, Jumat (16/5) - INKA kembali membuka pintu bagi para komunitas pecinta kereta api atau Railfans dalam agenda kunjungan eksklusif ke pabrik INKA di Madiun. Melalui kegiatan ini, INKA m
Madiun, Kamis (15/05) - Wakil Menteri Perhubungan Indonesia Komjen. Pol. (Purn.) Drs. Suntana, M. Si. melakukan kunjungan kerja ke kantor pusat PT INKA (Persero) Madiun, Jawa Timur. Kunjungan ini meru
Press Release No.11/PR/INKA/IV/2025PT INKA (Persero) meraih penghargaan kategori Perusahaan Sektor Industri "Industri Strategis Menjangkau Dunia" dalam acara “Beritajatim Award 2025”, di Surabaya