Sulawesi Selatan akan segera punya jalan kereta

10 February 2015

Makassar (ANTARA News) - Jalur kereta api segera di Sulawesi Selatan segera dibangun akhir Februari 2015 setelah pembebasan lahan untuk pembangun jalur moda transportasi ini selesai.
"Komitmen untuk membangun sarana kereta api untuk tahap pertama sepanjang 30 kilometer telah dilakukan pertemuan dengan pihak Dinas Perhubungan Sulsel dengan DPRD Sulsel, termasuk peninjauan lokasi oleh Kementerian Perhubungan," kata anggota DPRD Sulawesi Selatan Aryadi Arsal di Makassar, Selasa.


Dia mengatakan, semua pembahasan pembangunan rel kereta api untuk tahap awal dengan anggaran Rp1,1 triliun itu sudah final, tinggal penyelesaian pembebasan lahan yang dilalui proyek pembangunan jalan kereta api ini.


Menurut dia, pembangunan sarana kereta api yang sangat dinanti-nantikan masyarakat Sulsel itu diharapkan sudah berjalan tahun ini dan akan selesai pada 2016.
"Semoga semua dapat berjalan sesuai perencanaan, karena itu dukungan masyarakat Sulsel sangatlah penting untuk bersama-sama mendorong realisasi pengaaan transportasi kereta api," kata dia.
Pemerhati Sosial di Kabupaten Barru, Rabiatul Aliah, mengatakan, pembangunan rel kereta api yang titik awalnya di Kabupaten Barru itu diharapkan memberikan efek sosial ekonomi kepada masyarakat di wilayah ini.
"Khusus dari segi penyerapan tenaga kerja, sehingga dapat membantu mengurangi jumlah pengangguran di daerah ini, sekaligus memberikan pendapatan bagi masyarakat setempat," kata dia.

© Copyright 2017 INKA - All Rights Reserved