Railbus Batara Kresna Resmi Beroperasi

13 March 2015

Menteri Perhubungan, Ignatius Jonan saat meresmikan Railbus Batara Kresna

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan meresmikan pengoperasian Railbus Batara Kresna di Solo, Jawa Tengah, kemarin siang. Bus berbasis rel itu bakal beroperasi secara reguler di Jalur Solo-Wonogiri pulang-pergi sebanyak dua kali.


Peresmian operasional kereta itu dilakukan Jonan di Stasiun Purwosari Solo dengan didampingi sejumlah pejabat PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat. Acara juga dihadiri sejumlah pejabat baik di tingkat Provinsi Jawa Tengah dan Pemerintah Kota Solo. Pengoperasian kereta buatan PT INKA (Persero) Madiun, Jawa Timur, itu dilakukan setelah pemerintah mengucurkan bantuan dengan sistem public service obligation (PSO).


Dengan bantuan tersebut, pengoperasian railbus akan dipengaruhi PSO yang dikucurkan. Dengan begitu, harga jual tiket pun bisa menjadi lebih murah dan dapat dijangkau masyarakat luas. Menurut Jonan, PSO untuk railbus itu senilai Rp9 miliar dan akan dikelola PT KAI. Nilai PSO sebesar itu akan digunakan untuk pengoperasian railbus hingga akhir Desember mendatang.
“Semoga nanti masyarakat bisa memanfaatkan kereta ini dengan baik, apalagi dengan ada PSO, harga tiket kan menjadi lebih murah yakni Rp 4.000 untuk sekali jalan,” ucap dia. Jonan menyebutkan, jika nanti respons masyarakat di jalur tersebut cukup bagus, tidak menutup kemungkinan Kemenhub akan membantu mendatangkan satu kereta lagi untuk dioperasikan di jalur itu.
Sementara itu, Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo menyebutkan, dengan pengoperasian Railbus Batara Kresna, masyarakat bisa beralih dari kendaraan pribadi ke transportasi umum seperti moda kereta itu. Pengoperasian kereta itu diharapkan bisa menekan kemacetan yang saat ini terjadi di jalanan Kota Solo, Sukoharjo, dan Wonogiri.


Pengoperasian Railbus Batara Kresna itu juga bisa digunakan untuk ajang nostalgia bagi masyarakat. Dahulu di jalur yang sama pernah dioperasikan kereta feeder Punokawan sehingga masyarakat yang ingin bernostalgia bisa menggunakan kereta tersebut.


Secara umum Railbus buatan PT INKA (Persero) ini memiliki spesifikasi sebagai berikut:
1.Panjang total rangkaian (antar ujung kabin)                    :   40.039 mm
2.Panjang badan kereta (TeC dan MC)                             :   14.120 mm
3.Lebar badan kereta                                                      :     2.890 mm
4.Tinggi atap kereta termasuk AC dari kepala rel              :     3.447 mm
5.Tinggi sumbu alat perangkai dari kepala rel                   :   775+10/-0mm
6.Tinggi lantai kereta (dari atas kepala rel)                       :     1.200 mm
7.Tempat duduk: 80 orang
8.Kapasitas berdiri maksimai: 80 orang


Sumber berita: www.koran-sindo.com
Sumber Spesifikasi: PT INKA (Persero)

© Copyright 2017 INKA - All Rights Reserved