Tertarik Beli Kereta Penumpang dan Barang, Pejabat Tinggi Laos Berkunjung ke PT INKA (Persero)

27 August 2019

Sejumlah delegasi dari Laos beserta Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk negara Laos, Pratito Soeharyo datang mengunjungi PT Industri Kereta Api (INKA) Persero di Kota Madiun, Selasa (27/9/2019) siang. Kunjungan delegasi dari Laos tersebut terkait rencana pembelian kereta api produksi PT INKA (Persero).

Menurut Direktur Produksi, PT INKA (Persero), Bayu Waskito Sudadi, kunjungan Delegasi Laos pada siang itu merupakan tindak lanjut dari pertemuan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno dengan Perdana Menteri Republik Demokratik Rakyat Laos Thongloun Sisoulith di Vientiane, Laos Juni 2019, lalu.

"Ini merupakan hasil tindak lanjut dari kunjungan ibu menteri Rini Soemarno ke Laos beberapa waktu yang lalu. Jadi mereka membuka peluang bisnis. Yang pertama mereka punya banyak hasil pertanian, tambang. Dan membutuhkan insfrasturtur selain jalan juga kereta," terang Bayu, kepada wartawan usai mengantar para delegasi keliling melihat proses produksi kereta.

Ia menuturkan, dalam pertemuan beberapa waktu laku, Laos menawarkan sejumlah peluang kerja sama bisnis pada berbagai bidang mulai dari infrastruktur, kereta api, pertambangan, hingga pertanian.

"Jadi ini tindak lanjut, mereka datang kemari untuk menyampaikan lebih detail. Untuk mendevelop negara mereka, mulai jalan dan kereta api. Jadi pada saat kunjungan, kami juga mengejak PT Wijaya Karya (WIKA), dan juga PT Pupuk Indonesia," katanya.

Bayu menuturkan, setelah berkeliling melihat pabrik PT INKA (Persero), para delegasi dari Laos yang di antaranya Menteri dari Kantor Perdana Menteri Laos Alounkeo Kittikhoun dan Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Transportasi Laos Viengsavath Siphandone, mengaku tertarik untuk bekerjasama dengan PT INKA (Persero).

Dia menambahkan, Laos tertarik untuk membeli kerta penumpang dan kereta barang. Namun, dalam pertemuan tersebut belum disepakati nilai kontrak.

"Mereka membuka diri, yang jelas mereka punya strong intention kepada PT INKA (Persero). Tapi tadi belum masuk ke diskusi teknis. Rencanannya, setelah besok ketemu dengan bu menteri, baru akan diperjelas," imbuhnya.


Sumber


Seluruh delegasi foto bersama di depan Lokomotif DH CC 300
Direktur Keuangan dan SDM PT INKA (Persero), Mardiannus Pramudya, memberikan penjelasan mengenai Bogie
Tukar Cinderamata antara Direktur Utama PT INKA (Persero) dengan Menteri dari Kantor Perdana Menteri Laos

© Copyright 2017 INKA - All Rights Reserved