INKA & Perusda Bali Sepakat Kembangkan Transportasi Tenaga Listrik di Bali

23 October 2020

Direktur Utama Perusda Bali Nyoman Kami Artana

Direktur Utama PT INKA (Persero) Budi Noviantoro

PT INKA (Persero) menandatangani Nota Kesepahaman dengan Perusda Bali yang merupakan BUMD Provinsi Bali terkait pembangunan dan penyelenggaraan sarana transportasi perkotaan di wilayah Provinsi Bali (22/10). Turut hadir Direktur Utama PT INKA (Persero) Budi Noviantoro dan Operation Team Leader Islamic Development Bank (IsDB) Regional Hub Indonesia Omar Eddie Davis. Turut hadir pula secara daring dari Provinsi Bali yakni Direktur Utama Perusda Bali Nyoman Kami Artana, dan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bali I Gde Wayan Samsi Gunarta.

Direktur Utama PT INKA (Persero) menyampaikan bahwa antara PT INKA (Persero) dan Perusda Bali akan melakukan pengembangan sistem looping transportasi berbasis kendaraan listrik. Wilayah pengembangannya meliputi kawasan Kuta, Sanur, Ubud dan Kawasan Pusat Kebudayaan Bali Gunaksa. Selain itu, ke depan 2 perusahaan ini juga akan melakukan pengembangan kapasitas pemeliharaan dan perawatan (maintenance and service) sarana dan prasarana kereta api dan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai.

“PT INKA (Persero) dan Perusda Bali nanti akan mengembangkan sistem transportasi perkotaan berbasis listrik tenaga baterai seperti tram listrik dan bis listrik. Ke depan PT INKA (Persero) dan Perusda Bali akan mendirikan perusahaan patungan/ joint venture untuk pengembangan dan pengoperasiannya sistem tranportasinya. Tentunya dengan studi kelayakan (feasibility studies) dan kajian lainnya yang diperlukan” jelas Budi.

Budi menambahkan bahwa dalam hal pendanaan, PT INKA (Persero) juga didukung oleh Islamic Development Bank yang berpusat di Jeddah, Arab Saudi. Dukungan ini berupa financing untuk keperluan pengembangan tersebut.




© Copyright 2017 INKA - All Rights Reserved